KONSEP KESEDERHANAAN PEN YAJIAN PAJAK PENGHASILAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK ETAP)

Farida, Lea Emilia and Mukhlisah, Nurul and Safrina, Noor (2016) KONSEP KESEDERHANAAN PEN YAJIAN PAJAK PENGHASILAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH PADA PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS TANPA AKUNTABILITAS PUBLIK (SAK ETAP). In: Seminar Nasional ASBIS 2016, Banjarmasin.

[img] Text
153

Download (4kB)
Official URL: http://e-prosiding.poliban.ac.id/index.php/asbis/a...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat konsep kesederhanaan dalam pembuatan SAK ETAP, sebagai sarana untuk mempermudah UMKM dalam membuat laporan keuangan yang akan selalu berkaitan dengan ketentuan akuntansi yang diterapkan pemerintah berkaitan perhitungan Penghasilan Kena Pajak, dalam hal ini Pajak Penghasilan, atau yang banyak dikenal sebagai akuntansi pajak. Standar Akuntansi Keuangan (SAK) dibedakan menjadi SAK ETAP (SAK untuk Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik) dan SAK EAP (SAK untuk Entitas dengan Akuntabilitas Publik). Penggunaan SAK ETAP maupun SAK EAP akan selalu berkaitan dengan ketentuan akuntansi yang diterapkan oleh pemerintah berkaitan Penghasilan Kena Pajak, atau yang banyak dikenal sebagai Akuntansi Pajak. Keterkaitan tersebut mengakibatkan pengguna SAK ETAP untuk melakukan koreksi fiskal dalam perhitungan pajak. Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) dalam kedudukannya sebagai organisasi profesi sekaligus sebagai badan penyusun standar akuntansi keuangan melalui Dewan Standar Akuntansi Keuangan IAI menyusun standar akuntansi yang sesuai dengan karakteristik UMKM. Kata Kunci : SAK ETAP, Pajak Penghasilan, UMKM

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Jurusan Akuntansi > D3 Akuntansi
Depositing User: Nurul Mulkhlisah
Date Deposited: 20 Mar 2019 23:08
Last Modified: 27 Apr 2019 04:24
URI: http://repository.poliban.ac.id/id/eprint/175

Actions (login required)

View Item View Item