Analisis Mutu Pelayanan Pendidikan Di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin

Priyougie, Priyougie and Haq, Ahsanul (2018) Analisis Mutu Pelayanan Pendidikan Di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin. Intekna, 17 (1). pp. 58-68. ISSN 2443-1060

[img] Text
495-13-1022-1-10-20180122.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (455kB)
Official URL: http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/art...

Abstract

Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin sebagai salah satu institusi pemberi jasa di bidang pendidikan khususnya di bidang pelayanannya kepada masyarakat yang menjadi pelanggannya. Agar dapat dievaluasi mutu pelayanannya, salah satunya diteliti dengan mengukur ekspektasi dan persepsi pengguna jasa (mahasiswa) yang diberikan berdasarkan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (emphathy). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) gambaran ekspektasi, (2) gambaran persepsi, (3) kesenjangan antara ekspektasi dan persepsi, dan (4) gambaran mutu tentang pelayanan pendidikan di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin. Hasil penelitian yang menunjukkan kesenjangan (gap) terbesar antara ekspektasi dan persepsi adalah peralatan laboratorium yang modern, luas ruang perpustakaan yang memadai dan ketersediaan lapangan parkir yang memadai., sehingga masuk dalam klasifikasi kualitas buruk. Variabel yang memiliki performance dan importance di atas ratarata, adalah hal yang berkenaan dengan kompetensi dosen (seperti penguasaan dan ketuntasan materi, kesabaran dan perhatiannya pada mahasiswa), kebijakan jurusan yang memperhatikan kondisi sosial dan ekonomi mahasiswa, kepedulian jurusan terhadap aktivitas religi dan sosial mahasiswa, kepedulian jurusan terhadap bakat dan kreativitas mahasiswa, dan rasa aman mahasiswa ketika kuliah serta adanya bantuan beasiswa bagi mahasiswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ekspektasi Mahasiswa, Persepsi Mahasiswa, Kesenjangan, Kepuasan Pelanggan.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Jurusan Akuntansi > D3 Akuntansi
Depositing User: Staf Editor P3M
Date Deposited: 22 Mar 2019 14:56
Last Modified: 22 Mar 2019 14:56
URI: http://repository.poliban.ac.id/id/eprint/258

Actions (login required)

View Item View Item