Account Representative “Dua Kaki Yang Berdiri Di Dua Perahu” Dalam Rangka Pencapaian Target Penerimaan Pajak Tahun 2018 (Studi Kasus Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Gresik Utara)

Safrina, Noor and Julkawait, Julkawait and Qalbiah, Nurul (2018) Account Representative “Dua Kaki Yang Berdiri Di Dua Perahu” Dalam Rangka Pencapaian Target Penerimaan Pajak Tahun 2018 (Studi Kasus Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Gresik Utara). Intekna, 18 (2). pp. 118-131. ISSN 2443-1060

[img] Text
691-13-1620-1-10-20181221 (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (324kB)
Official URL: http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/art...

Abstract

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk dapat meningkatkan penerimaan Negara adalah dengan memaksimalkan penerimaan yang berasal dari pajak. Untuk itu, Menteri Keuangan membuat peraturan-peraturan perpajakan yang salah satunya adalah dengan membuat account representative pada kantor pelayanan pajak. Account representative tersebut diharapkan dapat membantu program intensifikasi-ekstensifikasi perpajakan yang sedang dilaksanakan oleh Dirjen Pajak. Tujuan penelitian ini yang merupakan evaluasi atau penilaian terhadap pelaksanaan tugas Account Representative sebagai salah satu bentuk reformasi perpajakan dalam rangka pencapaian target penerimaan pajak tahun 2018 (Studi Kasus Kantor Pelayanan Pajak Pratama Gresik Utara). Hasil evaluasi penelitian ini adalah Direktorat Jenderal Pajak terus berupaya meningkatkan reformasi menuju pelayanan dan pengawasan pajak yang prima. Untuk itulah Direktorat Jenderal Pajak menggerakkan Account Representative (AR) profesional menjadi salah satu cara yang saat ini paling efektif untuk dikembangkan. AR merupakan mitra penghubung antara Ditjen Pajak dengan wajib pajak. Semenjak didampingi AR, Wajib Pajak merasa mudah dalam menyelesaikan pembayaran berbagai jenis pajak. Untuk itulah, Ditjen Pajak nantinya akan menyediakan seorang AR bagi setiap Wajib Pajak. Harapannya, keberadaan AR dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat dan wajib pajak terhadap kinerja salah satu lembaga pemerintah ini, dalam rangka pencapaian target penerimaan pajak secara optimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Account Representative, Wajib Pajak, Direktorat Jenderal Pajak, Penerimaan Pajak.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Jurusan Akuntansi > D3 Akuntansi
Depositing User: Staf Editor P3M
Date Deposited: 04 Apr 2019 13:09
Last Modified: 04 Apr 2019 13:09
URI: http://repository.poliban.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item