PURWARUPA WEBSITE MANAJEMEN BENCANA MENGGUNAKAN ONTOLOGi BERBASIS KOMUNITAS

Fauzan, Reza and Basuki, Setio (2016) PURWARUPA WEBSITE MANAJEMEN BENCANA MENGGUNAKAN ONTOLOGi BERBASIS KOMUNITAS. In: Seminar Nasional Riset Terapan, 9-10 Nopember 2016, Banjarmasin, Indonesia.

[img] Text
41-Article Text-91-1-10-20180120.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (304kB)
Official URL: http://e-prosiding.poliban.ac.id/index.php/snrt/ar...

Abstract

Bencana alam ataupun bencana yang diakibatkan oleh manusia menimbulkan sebuah ancaman yang selalu hadir dalam masyarakat. Menanggapi meningkatnya jumlah bencana akhir-akhir ini seperti kebakaran dan banjir, penulis mengusulkan sebuah prototype manajemen terhadap bencana menggunakan ontologi dalam sebuah web komunitas. Komunitas di dalamnya terdapat local responder sebagai orang yang melaporkan dan petugas pelayanan publik seperti pemadam kebakaran dan BPBD. Website ini akan memberikan informasi ke berbagai berbagai pelayan publik untuk secara tepat menggunakan informasi yang didapat dari local responder. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa dengan ontologi, sistem memberikan nilai precicion dan recall yang bagus untuk menterjemahkan bahasa pengguna.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: ontologi, bencana, sms gateway
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronic Engineering. Nuclear engineering > TK5101 Telecommunication
Divisions: Jurusan Teknik Elektro > D3 Teknik Informatika
Depositing User: Staf Editor P3M
Date Deposited: 16 Apr 2019 15:33
Last Modified: 16 Apr 2019 15:33
URI: http://repository.poliban.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item View Item