ANALISIS PELAKSANAAN DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PERBANKAN SYARIAH BERDASARKAN INDEKS ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR)

Iryanie, Emy and Heldalina, Heldalina and Irwansyah, Rusman (2018) ANALISIS PELAKSANAAN DAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) PADA PERBANKAN SYARIAH BERDASARKAN INDEKS ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR). In: National Conference on ASBIS 2018, 7 November 2018, Hotel Rattan In, Banjarmasin.

[img] Text
252 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4kB)
Official URL: http://e-prosiding.poliban.ac.id/index.php/asbis

Abstract

Kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) merupakan suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap perbankan, karena Pemerintah mengaturnya dalam suatu regulasi. Adapun regulasi yang mengatur kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) tertuang dalam Undang –Undang dan Peraturan Pemerintah. Saat ini beberapa perbankan masih melaksanakan kegiatan CSR dan mengungkapkan kegiatannyadengan berbagai cara. Ada beberapa indeks yang biasanya digunakan perbankan untuk hal tersebut, yaitu Indeks GRI (Global Reporting Initiative) dan Indeks ISR (Islamic Social Reporting)..Adapun tujuan penelitian ini diantaranya adalah untuk mengetahui bentuk –bentuk kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) yang dilaksanakan oleh beberapa perbankan syariah. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengungkapan CSR (Corporate Social Responsibility) di masing –masing perbankan tersebut. Populasi sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah perbankan syariah yang masuk dalam kategori 4 besar corporate image award. Periode penelitian yang diambil adalah tahun 2016 dan 2017 pada masing –masing annual report perbankan syariah tersebut. Teknis analisa data yang digunakan adalah metode content analysis berdasarkan indeks Islamic Social Reporting (ISR). Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa 4 (empat) perbankan syariah masih belum menggunakan indeks Islamic Social Reporting sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan corporate social responsibility. Dalam pelaksanaan tahun 2016 dan 2017 masih belum mencapai 100% dari item kegiatan yang ada pada indeks Islamic Social Reporting. Pengungkapan corporate social responsibility dalam annual report memperlihatkan bahwa semua bank yang menjadi sampel dalam penelitian ini sudah informati dalam pengungkapannya dengan persentase sebesar 66-80%

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: CSR, Perbankan Syariah, ISR
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Jurusan Akuntansi > D3 Akuntansi
Depositing User: Staf Editor P3M
Date Deposited: 17 Apr 2019 04:25
Last Modified: 17 Apr 2019 04:25
URI: http://repository.poliban.ac.id/id/eprint/344

Actions (login required)

View Item View Item