Analisa Kelayakan Pengembangan Trainer Kit Cut View Turbocharger Sebagai Media Pembelajaran

Main Article Content

Ahmad Hendrawan Muhammad Hasbi Muhammad Khafidz Arifin

Abstract

Trainer Kit Cut view turbocharger mempermudah mengenali komponen dalam turbocharger, sistem kerja, jalur pelumasan dan jalur udara pada turbocharger. Dengan adanya alat simulasi pembelajaran ini tentunya sangat membantu terutama pada mereka  yang belum memiliki basic technic. Dan juga dapat lebih mudah memahami cara kerja turbocharger. Pengembangan Trainer Kit Cut view turbocharger menggunakan model ADDIE. Untuk analisa kelayakannya menggunakan statistik desktiptif. Dari hasil uji statistik serta analisa dan pembahasan dapat diambil kesimpulan tingkat kelayakan media pembelajaran Trainer Kit Cut View Turbocharger menurut penilaian ahli materi mendapatkan persentase skor 92,18% dengan kategori “Sangat Layak”. Tingkat kelayakan media pembelajaran Trainer Kit menurut penilaian ahli media mendapatkan persentase skor 91,97% dengan kategori “Sangat Layak”.

Article Details

How to Cite
HENDRAWAN, Ahmad; HASBI, Muhammad; ARIFIN, Muhammad Khafidz. Analisa Kelayakan Pengembangan Trainer Kit Cut View Turbocharger Sebagai Media Pembelajaran. POROS TEKNIK, [S.l.], v. 11, n. 2, p. 47-55, dec. 2019. ISSN 2442-7764. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/porosteknik/article/view/817>. Date accessed: 11 feb. 2020. doi: https://doi.org/10.31961/porosteknik.v11i2.817.
Section
Artikel

References

[1] Agus Solekhan dan Bambang Sudarsono. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Cutting CVT (Continously Variable Transmission) Sepeda Motor untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas XI TSM SMK PN2 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif_UMP Vol.10 No.01 pp. 70-76.
[2] Ali Muhson. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol.VIII No.2 pp.1-10.
[3] Arif S. Sadiman, dkk. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
[4] Asnawir dan M. Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Padang: Ciputat Pers.
[5] Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
[6] Benny A Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Dian Rakyat.
[7] Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. USA: Springer.
[8] Cascio K. Wayne dan Awad A. Yulk. 1981.Human Resources Management: An Information System Approach. Virginia:Reston Publishing Company.Inc
[9] Caterpillar, SGD Fundamentel Engine. Jakarta, 2014.
[10] Dimas Anugrah. 2019. Pengembangan Alat Peraga Cutting Knalpot Catalic Converter untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Pengendalian Polusi Kendaraan. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif_UMP Vol.13 No.01 pp. 9-13.
[11] Handoko H. 1998. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi 2. Yokyakarta: BBPE
[12] H. Djali dan Pudji Muljono. 2007. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
[13] Nana Sudjana dan A. Rivai. 2005. Media Pengajaran. Bandung: C.V. Sinar Baru Bandung.
[14] Oemar Hamalik. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
[15] Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Pasal 19 tentang Standar Nasional Pendidikan.
[16] Siswoyo, dkk. 2012. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
[17] Sugihartono. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
[18] Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[19] Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[20] Syaiful Sagala. 2007. Konsep dan Makna Pembelajaran : Untuk Membantu Memecahkan Problematika dalam Belajar. Bandung: CV. Alfabeta.
[21] Veronica Oktabriana dan I Made Muliatna. 2018. Rancang Bangun Cutting Kompresor AC Mobil Tipe Axial Kerja Tunggal Sebagai Media Pembelajaran. JRM Vol.04 No.03 pp.77-81