PEMBELAJARAN BERBASIS PERPUSTAKAAN DI SD MUHAMMADIYAH 8 BANJARMASIN

  • Fitriani Fitriani Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Agus Irwandi Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Said Muhamad Politeknik Negeri Banjarmasin
Keywords: Pustakawan, Pembelajaran, tenaga pendidik, perpustakaan

Abstract

Proses kegiatan mengajar berbasis perpustakaan adalah kolaborasi aktif antar pendidikan dan pustakawan dalam mendidik keterampilan ‘melek informasi’ kepada peserta didik. Eksistensi pustakawan dewasa ini pada umumnya dianggap sebagai keahlian yang terpisah dari berbagai kegiatan belajar mengajar yang tentunya sudah menjadi bagian pelengkap dan terintergrasi pada satu komponen pada pembinaan skill ( keterampilan) yang dimiliki pada setiap individu anak didik dalam penelusuran berbagai informasi. Hubungan antara tenaga pendidik dan pustakawan harus merupakan kerjasama formal dalam aspek-aspek pengembangan desain pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan wawancara dengan analisis kualitatif deskriptif. Objek dalam penelitian adalah proses pembelajaran berbasis perpustakaan. Sedangkan subjek penelitian ini adalah peserta didik-siswi SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin. Informan dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik-tenaga pendidik di SD Muhammadiyah 8 Banjarmasin.

Published
2019-12-21