PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN INTEGRAL BERBASIS METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

  • Isna Wardiah Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Joni Riadi Politeknik Negeri Banjarmasin
  • M Helmy Noor Politeknik Negeri Banjarmasin
Keywords: Modul, Integral, Pembelajaran Kooperatif, STAD, Penelitian Pengembangan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul materi Integral berbasis metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang valid, praktis dan efektif. Modul dikembangkan berdasarkan silabus mata kuliah matematika II di program studi Teknik Informatika (TI) Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menurut Borg and Gall. Teknik pengumpulan data adala dengan validasi, angket dan tes. Kevalidan modul Intergral diketahui dengan metode validasi. Kepraktisan modul diketahui dengan metode angket, sedangkan Keefektifan modul diuji dengan metode Tes. Proses pengembangan modul Integral berbasis metode kooperatif tipe STAD ini dilakukan dalam beberapa tahap, yakni: (1) Tahap pengumpulan informasi, dilakukan dengan melihat permasalahan pada mata kuliah Matematika II materi Integral; (2) Tahap Perencanaan, yaitu pengembangan modul berdasarkn informasi yang diperoleh; (3) Tahap Pengembangan, yaitu tahapan Validasi oleh tim ahli dan ujicoba modul sampai didapatkan hasil final dari modul materi Integral tersebut. Penelitian ini telah menghasilkan modul materi Integral berbasis metode pembelajaran kooperatif tipe STAD yang valid dengan skor 4,05, Praktis dengan presentase 78,4% dan Efektif dilihat dari rata-rata nilai hasil belajar mahasiswa 70,39 (tuntas).

Published
2019-12-22