Kajian Desain Sistem Informasi Audit Mutu Internal Politeknik Negeri Banjarmasin

  • Abdul Rozaq Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Raden Kelik Hardinto Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Fuad Sholihin Politeknik Negeri Banjarmasin
Keywords: Sistem, AMI, LEKU, Audit

Abstract

Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu Pendidikan (PP3MP) POLIBAN merupakan sebuah Pusat yang memiliki tugas dan fungsi melaksanakan Audit Mutu Internal (AMI) di lingkungan Politeknik Negeri Banjarmasin. Saat ini pengelolaan data AMI masih kurang maksimal, dimana pencatatan data dilakukan pada banyak file yang berbeda dan terkadang disimpan di tempat yang berbeda. Hal ini mengakibatkan diperlukan waktu yang cukup lama pada saat melakukan rekapitulasi data untuk menyusun laporan. Untuk dapat menghasilkan system informasi yang baik, maka diperlukan tahapan kajian desain pengembangan system informasi. Metode yang digunakan membangun perangkat lunak ini adalah dengan menggunakan metode klasik yaitu Software development life cycle (SDLC) dimana tahapannya meliputi analisis permasalahan dan spesifikasi kebutuhan, design system, pengembangan dan uji coba system. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa PP3MP Poliban membutuhkan sebuah system informasi yang dapat mengelola data AMI Online setiap tahapan AMI harus dilaksanakan sesuai dengan jadwal pelaksanaan AMI, mulai dari asesi mengirimkan LEKU, kemudian dilanjutkan pada tahap pengecekan dokumen LEKU oleh operator PP3MP sebagai bentuk verifikasi LEKU. Selanjutnya masuk pada proses asesmen mandiri, desk evaluasi, dan asesmen lapangan, yang akhirnya auditor akan membuat ringkasan dan deskripsi hasil AMI.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andri, K. (2003). Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Arief, M. R. (2011). Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan Mysql. Yogyakarta: Andi Publisher .
Fathansyah. (2012). Basis Data Edisi Revisi. Bandung: Informatika.
Fauzan, R., Fitri, R., & Fadliansyah, M. (2017). Sistem Informasi Penjurusan dan Penerimaan Peserta Didik Baru Menggunakan Metode Weighted Product. Eltikom.
Hardinto, R. K., Rozaq, A., Yunida, R., & Padli. (2017). Pengukuran Pengaruh Kualitas Layanan Pendidikan berbasis Eduqual terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Positif, 25-34.
Hidayatullah, P., & Kawistara, J. K. (2014). Pemrograman WEB. Bandung: Informatika.
Indrajani. (2015). Database Design. Jakarta: PT. Elek Media Komputindo.
Jogiyanto. (1990). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.
Madcom. (2011). Adobe Dreamweaver CS6 dengan PHP & Mysql. Yogyakarta: Andi.
Nugroho, A. (2011). Perancangan dan Implementasi Sistem Basis Data. Yogyakarta: Andi.
Raharjo, B. (2011). Belajar Otodidak Membuat Database Menggunakan Mysql. Bandung: Informatika.
Rozaq, A., & Hardinto, R. K. (2018). Pengembangan Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Politeknik Negeri Banjarmasin. Banjarmasin: Poliban.
Rozaq, A., Fitri, K., & Handayani, S. (2015). Sistem Informasi Produk dan Data Calon Jamaah Haji dan Umroh pada PT. Travelindo Lusiyana Banjarmasin berbasis Web. Positif.
Rozaq, A., Hardinto, R. K., & Ramadani. (2016). Penerapan Model E-Commerce Guna Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah Produk Sasirangan Kota Banjarmasin. Positif.
Rozaq, A., Hardinto, R. K., Annurrahman, & Susanti, D. (2018). Sistem Informasi Pembayaran Tambahan Penghasilan Berdasarkan Beban Kerja pada DInas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanah Bumbu. Positif, 1-11.
Rozaq, A., Shintia, N., Harmini, Y., & Saraswati, N. (2017). Sistem Informasi Pemeriksaan Pasien Klinik. Eltikom.
Rozaq, A., Sholihin, F., & Hardinto, R. K. (2017). Rancangan Model Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis IPLP-Q bagi Siswa SMA. Positif, 56-62.
Winarto, E., Zaki, A., & Community, S. (2013). Buku Sakti Pemrograman PHP. Jakarta: PT. Elek Media Komputindo
Published
2019-12-31