Wardiah, Isna and Indrasary, Yoenie (2016) ANALISIS PENGUKURAN PERFORMA LAYANAN PENDIDIKAN DENGAN METODE EDUQUAL BERDASARKAN PERBEDAAN EKSPEKTASI DAN PERSEPSI MAHASISWA SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP LOYALITAS DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Intekna, 16 (02). pp. 120-129. ISSN 2443-1060
![]() |
Text (ANALISIS PENGUKURAN PERFORMA LAYANAN PENDIDIKAN DENGAN METODE EDUQUAL BERDASARKAN PERBEDAAN EKSPEKTASI DAN PERSEPSI MAHASISWA SERTA KONTRIBUSINYA TERHADAP LOYALITAS DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA)
1.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (578kB) |
Abstract
Meningkatnya jumlah perguruan tinggi (PT) menyebabkan persaingannya semakin ketat. Kualitas layanan pendidikan merupakan daya jual utama, sehingga setiap PT berlomba untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas demi konsumennya (mahasiswa). Salah satu cara mengetahui performa layanan pendidikan adalah dengan membandingkan Ekspektasi dan Persepsi mahasiswa mengenai layanan pendidikan berdasarkan dimensi EDUQUAL Objek dalam penelitian ini adalah Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Apakah ada perbedaan ekspektasi dengan persepsi mahasiswa terhadap layanan pendidikan ditinjau dari dimensi EDUQUAL; (2) Bagaimana kontribusi kualitas layanan pendidikan terhadap loyalitas mahasiswa; (3) Bagaimana kontribusi kualitas layanan pendidikan terhadap motivasi belajar mahasiswa. Data dikumpulkan dengan kuesioner, dianalisis dengan: (1) Analisis deskriptif, untuk mengetahui gambaran Ekspektasi, Persepsi, Loyalitas dan Motivasi Belajar Mahasiswa; (2) Analisis Komparatif, untuk mengetahui perbedaan antara ekspektasi dan persepsi dengan uji t, sekaligus untuk mengetahui tingkat kualitas pelayanan pendidikan melalui analisa gap; (3) Analisis Regresi Linier Sederhana untuk mengetahui hubungan antara Kualitas Layanan (X) dengan Motivasi Belajar (Y1) dan antara Kualitas Layanan (X) dengan Motivasi Belajar (Y2), serta (4) analisis Importance and Performance Matriks untuk mengetahui bagaimana gambaran kualitas pelayanan pendidikan di Poliban. Hasil penelitian menunjukkan ada kesenjangan antara ekspektasi dan persepsi mahasiswa tentang pelayanan pendidikan di Poliban, dari kesenjangan ini diukur bahwa kualitas layanan pendidikan secara umum berada pada kualifikasi “Sedang”. Setelah dilakukan analisa regresi linier sederhana menunjukkan bahwa Kualitas Layanan pendidikan memiliki kontribusi terhadap Loyalitas dan Motivasi Belajar Mahasiswa
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Layanan Pendidikan, Eduqual, Ekspektasi, Persepsi, Loyalitas, Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Jurusan Teknik Elektro > D3 Teknik Informatika |
Depositing User: | Isna Wardiah |
Date Deposited: | 20 Mar 2019 07:12 |
Last Modified: | 27 Mar 2019 03:25 |
URI: | http://repository.poliban.ac.id/id/eprint/142 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |