Muhammad, Bahit and Sunu, Wibirama and Hanung, A. Nugroho and Titis, Wijayanto and Mumtaz, N.Winadi (2016) Pengaruh Kebugaran Fisik dan Perbedaan Waktu Pagi-Malam pada Cybersickness Saat Memainkan Video Game Simulasi Mengemudi. In: National Conference on Information Technology and Electrical Engineering (CITEE), 15 Sep 2016, Yogyakarta, Indonesia.
![]() |
Text
Pengaruh_Kebugaran_Fisik_dan_Perbedaan_W.pdf Download (321kB) |
Abstract
Abstrak— Simulasi mengemudi merupakan salah satu alat berbasis video game untuk pelatihan dan pengujian kemampuan mengemudi. Selain itu, simulasi mengemudi sering digunakan dalam penelitian ilmiah untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kecelekaan lalu lintas di jalan raya. Meskipun simulasi mengemudi lazim digunakan untuk berbagai keperluan, penggunaan simulasi berbasis video game menimbulkan efek samping bagi penggunanya yang disebut dengan cybersickness atau visually induced motion sickness (VIMS). Penelitian tentang cybersickness pada simulasi mengemudi yang sudah pernah dilakukan sebelumnya tidak melakukan studi tentang pengaruh kebugaran fisik dan perbedaan waktu pagi dan malam hari terkait dengan gejala cybersickness ketika menggunakan simulasi. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebugaran fisik dan perbedaan waktu pagi dan malam hari pada cybersickness dengan menggunakan Simulator Sickness Questionnaire (SSQ). Analisis data SSQ menunjukkan bahwa kebugaran fisik pengemudi dan perbedaan pagi-malam memberikan pengaruh yang signifikan terhadap cybersickness. Tingkat cybersickness paling tinggi dialami oleh peserta pada kondisi pagi hari tanpa tidur. Di sisi lain, tingkat cybersickness paling rendah dialami oleh peserta pada kondisi pagi hari setelah beristirahat pada malam hari. Komponen oculomotor lebih dominan dibandingkan komponen nausea dan disorientation. Hal ini menunjukkan bahwa kebugaran fisik dan perbedaan waktu mengemudi memberikan pengaruh besar pada sistem penglihatan manusia. Penelitian ini memberikan rekomendasi waktu dan kondisi yang paling optimal untuk menggunakan simulasi mengemudi, yakni pagi hari dengan kondisi bugar setelah beristirahat cukup. Kata kunci- Simulasi mengemudi, Cybersickness dan Simulator sickness questionnaire (SSQ).
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronic Engineering. Nuclear engineering > TK7885 Computer engineering. Computer hardware |
Divisions: | Jurusan Akuntansi > D3 Komputerisasi Akuntansi |
Depositing User: | Muhammad Bahit |
Date Deposited: | 20 Mar 2019 23:06 |
Last Modified: | 27 Apr 2019 05:23 |
URI: | http://repository.poliban.ac.id/id/eprint/168 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |