Rozaq, Abdul and Fuad, Sholihin and Hardinto, Raden Kelik (2017) Rancangan Model Sistem Informasi Bimbingan Konseling Berbasis IPLP-Q Bagi Siswa SMA. Jurnal POSITIF, 3 (2). pp. 56-62. ISSN 2460-9552
![]() |
Text
413-37-912-2-10-20180410.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (387kB) |
Abstract
Bimbingan dan konseling merupakan layanan bantuan untuk peserta didik baik secara perorangan maupun kelompok, agar mampu mandiri dan berkembang secara optimal dalam bidang pengembangan kehidupan pribadi, kehidupan sosial, kemampuan belajar, dan perencanaan karir, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung, berdasarkan norma-norma yang berlaku. Pada institusi pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) disediakan seorang guru bimbingan dan konseling (BK) sebagai konselor siswa dan orang tua siswa dalam perkembangan anak di sekolah. Penelitian ini bertujuan menghasilkan desain system Informasi Bimbingan Konseling berbasis Intrumentasi Pemetaan Layanan dan Potensi Qur’an (IPLP-Q) bagi Siswa SMA yang diharapkan dapat membantu guru BK melayani siswa dan siswi dalam pengembangan jati diri. Pada pengembangan sistem ini akan menerapkan metodologi Software Development Life Cycle (SDLC), yang kegiatannya terdiri dari analisis, desain, dan implementasi. Yang bertujuan supaya model Bimbingan Konseling Instrumentasi Pemetaan Layanan Dan Potensi Qur´An Bagi Siswa SMA benar-benar sesuai dengan kebutuhan, sehingga semua kegiatan proses layanan bimbingan konseling dapat berjalan secara efektif dan efisien.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | System, Information, BK, IPLP-Q. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.6 Information systems. Management information systems |
Divisions: | Jurusan Administrasi Bisnis > D3 Manajemen Informasi Jurusan Teknik Elektro > D3 Teknik Informatika |
Depositing User: | Staf Editor P3M |
Date Deposited: | 06 Apr 2019 03:51 |
Last Modified: | 06 Apr 2019 04:28 |
URI: | http://repository.poliban.ac.id/id/eprint/300 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |