METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM METODE PERFORMANCE APPRAISAL UNTUK MENENTUKAN TINGKAT KUALITAS DOSEN PADA JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN

Candra, Heru Kartika and Mantala, Ronny and Muhammad, Said and Riyadhi, Slamet (2018) METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM METODE PERFORMANCE APPRAISAL UNTUK MENENTUKAN TINGKAT KUALITAS DOSEN PADA JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN. Jurnal POSITIF, 4 (2). pp. 68-77. ISSN 2460-9552

[img] Text
608-37-1555-1-10-20181130.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (572kB)
Official URL: http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Positif/art...

Abstract

Ukuran keberhasilan seorang dosen dalam mentransferkan ilmunya kepada mahasiswa menjadi fokus utama agar dapat digambarkan secara terukur, sehingga apa yang diberikan dapat dipahami, diterima dan diterapkan oleh mahasiswa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu kualitas pengajaran. Hampir seluruh perguruan tinggi melakukan penilaian prestasi pengajarnya. Penilaian prestasi berarti mengevaluasi kualitas pengajar saat ini dan/atau dimasa lalu relatif terhadap standar kinerjanya. Beberapa alasan untuk menilai kualitas pengajar, pertama adalah terintegasi dalam proses manajemen kinerja, kedua adalah penilaian memungkinkan atasan dan bawahan menyusun sebuah rencana untuk mengkoreksi semua kekurangan yang ditemukan, ketiga adalah penilaian dibutuhkan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan dari pengajar yang berguna untuk perencanaan karier bagi pengajar itu sendiri. Ada beberapa alat bantu yang sudah umum digunakan untuk melakukan penilaian prestasi pengajar yaitu dengan metode performance appraisal. Akan tetapi performance appraisal memiliki beberapa kelemahan (Dessler, 2008) diantaranya adalah: penilaian subyektif, terjadi efek halo, kecenderungan terpusat, dipengaruhi oleh umur, ras dan jenis kelamin. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem teknis penilaian pada performance appraisal, agar lebih mendapatkan penilaian yang lebih dapat dipertanggungjawabkan. Pada penellitian sebelumnya yang dilakukan oleh penulis, metode yang dipakai dalam proses pengukuran dengan parameter dalam metode performance appraisal yaitu dengan menggunakan metode Logika Fuzzy Mamdani dimana tujuannya untuk melakukan penilaian prestasi pengajar dengan cara memperbaiki metode penilaian dari performance appraisal dari parameter-parameter yang dimiliki, sehingga dapat dipergunakan sebagai sistem penunjang keputusan. Hasil yang diperoleh dalam pengukuran dengan metode Logika FuzzyMamdani dilihat dari tingkat akurasi sebesar 60% ketepatan perhitungan dibandingkan dari penggunaan metode performance appraisal. Setelah melakukan pengembangan metode yaitu dengan menggunakan metode Fuzzy Analiytic Hierarchi Process hasil yang diperoleh dapat miningkatkan tingkat akurasi perhitungan sampai mencapai 93%, mengingat dalam metode FAHP, parameter yang menjadi variable perhitungan akan di analisa dulu tingkat konsistensinya sehingga layak untuk digunakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Fuzzy Analiytic Hierarchi Process; Assessment, Teacher
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information Technology.Informatics Engineering
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Information systems. Management information systems
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > D3 Manajemen Informasi
Depositing User: Staf Editor P3M
Date Deposited: 10 Apr 2019 12:58
Last Modified: 10 Apr 2019 12:58
URI: http://repository.poliban.ac.id/id/eprint/322

Actions (login required)

View Item View Item