KEBERSIHAN DIRI MELALUI PROGRAM CUCI TANGAN SEBAGAI BENTUK KESADARAN SISWA HIDUP SEHAT DI SDN INTI 11 BANJARMASIN

Irawan, Agus and Risa, Mey and Pratomo, Adi and Shintia, Novi (2019) KEBERSIHAN DIRI MELALUI PROGRAM CUCI TANGAN SEBAGAI BENTUK KESADARAN SISWA HIDUP SEHAT DI SDN INTI 11 BANJARMASIN. Jurnal Impact : Implementation and Action, 1 (2). pp. 138-145. ISSN 2655-8181

[img] Text
616 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (19kB)
Official URL: http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/impact/arti...

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat PPM ini dilakukan sebagai penerapan keilmuan yang bersifatt multi disipliner, yaitu kegiatan edukasi kesehatan dan kebersihan lingkungan. Adapun skema yang diusulkan yaitu skema Program Pemberdayaan Masyarakat. Kegiatan pengabdian ini bersifat problem solving, yaitu berupa edukasi dan penerapan hidup sehat dengan membiasakan siswa membudayakan cuci tangan guna meningkatkan kualitas kesehatan diri baik di sekolah, di rumah dan dilingkungan siswa berada. Kegiatan ini diarahkan berupa pembuatan instalasi kran air, penyuluhan, praktik cuci tangan yang benar, dan sosialisasi pentingnya hidup sehat dimulai dengan membiasakan cuci tangan sebelum beraktifitas di sekolah. Khalayak sasaran (mitra) adalah SDN inti 11 Banjarmasin, yaitu para siswa dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. Program kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas siswa agar belajar membiasakan hidup sehat agar bisa menunjang prestasi akademik sekolah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kebersihan diri, mencuci tangan, pembenahan fasilitas, penyuluhan, pemantauan
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > D3 Administrasi Bisnis
Jurusan Administrasi Bisnis > D3 Manajemen Informasi
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 12 Apr 2020 09:51
Last Modified: 12 Apr 2020 09:51
URI: http://repository.poliban.ac.id/id/eprint/608

Actions (login required)

View Item View Item