PERKEMBANGAN LAYANAN TRANSPORTASI MASYARAKAT DI ERA DIGITAL (STUDI TENTANG OJEK ONLINE ”GO-JEK” DI BANJARMASIN)

  • Della Arisanty Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Lea Emilia Farida Politeknik Negeri Banjarmasin
Keywords: teknologi, GO-JEK, inovasi, pola hidup

Abstract

Dalam memasuki era globalisasi, tak terlepas dari adanya peranan ICT (Information and Comunication Technology) yang memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan dunia. Perkembangan teknologi informasi yang terjadi begitu cepat telah mengubah pola hidup masyarakat. Dimana saat ini sudah banyak muncul bisnis yang berbasis online dengan memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi. Salah satu bisnis tersebut yaitu aplikasi GO-JEK dengan menyediakan layanan penyedia jasa trasnportasi secara online.

Dengan hadirnya aplikasi tersebut dapat memberikan kemudahan dan kepraktisan bagi para penggunanya. Selain itu, penggabungan antara layanan transportasi yang terhubung dengan fasilitas internet sehingga masyarakat bisa dengan mudah untuk melakukan pemesanan, mengetahui biaya transportasi berdasarkan lokasi tujuan dan dapat megidentifikasi identitas driver yang kita pesan yang dapat meminimalisir risiko yang terjadi di dalam hal keamanan. Hal itu membuat terobosan baru di dalam dunia bisnis penyedia jasa transportasi. Dengan pemanfaatan ICT yang inovatif, dapat menguntungkan berbagai pihak dan diharapkan semakin bekembang dan dapat terus berinovasi sehingga membantu masyarakat ke arah yang lebih baik lagi.

Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang heuristik dengan objek penelitian yaitu PT. Gojek Indonesia, maka di dapatkan hasil penelitian secara mendalam tentang perkembangan komunikasi dalam dunia bisnis. Hasil penelitian ini akan memberikan konsep inovasi baru dalam penerapan jasa transportasi yang dapat memberikan perubahan pada pola hidup masyarakat.

Published
2018-12-25