KAJIAN PEMILIHAN TIPE E-COMMERCE OLEH UMKM DI INDONESIA
Abstract
Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) memberikan sebuah peluang serta tantangan bagi para UMKM agar memiliki keunggulan kompetitif dan menjadi UMKM yang lebih besar. UMKM memiliki potensi untuk membangun ekonomi daerah dan negara, tetapi sulit untuk dikembangkan karena pembiayaan yang sangat terbatas. Pada era digital, banyak e-commerce yang hadir di Indonesia. Perubahan akibat meningkatnya jumlah pengguna internet dan perubahan perilaku konsumen dari yang berbelanja secara offline menjadi berbelanja online, mendorong jumlah peningkatan pendapatan melalui transaksi e-commerce yang ada di Indonesia. Customer to Customer (C2C) dengan Bisnis to Customer(B2C) semakin berbaur satu sama lain. Menurut DailySocial, pengguna shopee lebih didominasi oleh pengguna perempuan, karena hal terebut berkaitan dengan seputar kecantikan dan fashion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pengguna untuk konsumenan melalui e-commerce adalah perempuan. Pada penelitian survey pada 1240 orang penikmat belanja online tersebut diperoleh hasil bahwa e-commerce yang paling banyak disukai adalah pada platform Blibli dan Lazada. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui dan untuk menjelaskan tentang pemilihan E-Commerce pada UMKM yang ada di Indonesia. Adapun yang menjadi variabel penelitian adalah pemilihan e-commerce pada UMKM yang ada di Indonesia