PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 PADA PERGURUAN TINGGI VOKASI: SEBUAH KAJIAN LITERATUR

Nurhidayati, Nurhidayati and Kustini, Siti (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS KETERAMPILAN ABAD 21 PADA PERGURUAN TINGGI VOKASI: SEBUAH KAJIAN LITERATUR. Proceeding of National Conference on Asbis, 3. pp. 417-424. ISSN 2541-6022

[img] Text
336 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (15kB)
Official URL: http://e-prosiding.poliban.ac.id/index.php/asbis

Abstract

Di era Revolusi Industri 4.0, yang ditandai dengan akses global dan disrupsi teknologi, kebutuhan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa yang berbasis keterampilan abad 21 sangatlah penting guna membekali mereka agar dapat bertahan hidup dan mengambil peran aktif baik dalam kehidupan pribadi, sosial masyarakat maupun karirnya kelak. Oleh karena itu, guru dan para praktisi pendidikan diharapkan untuk meninjaudan mengkaji ulang praktek pengajaran termasuk didalamnya mempertimbangkan kembali bahan pengajaran yang disajikan di kelas. Tujuan dari tulisa n ini adalah untuk memaparkan pengembahan bahan ajar dalam konteks English for Specific Purposes (ESP) di perguruan tinggi vokasi dalam upaya memberikan bahan ajar yang up-to-date yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik mereka. Pengembangan bahan ajar yang dibahas dalam tulisan ini berbasisk eterampilan abad 21 yang dikenal dengan istila h 4Cs yaitucommunication, collaboration, creativity, dan critical thinking. Keterampilan 4Cs ini merupakan manifestasi dari empat pilar belajar yang dicetuskan oleh UNESCO pada tahun 1996 yaitu learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together. Metode pengembangan bahan ajar yang digunakan adalah metode yang dikemukakan oleh Jolly dan Bolitho (1998) yang terdiri dari enam tahapan yaitu identification of needs, exploration of needs, contextual realization, pedagogical realization, physical production, dan evaluation.. Hasil dari kajian literatur ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan bahan ajar ESP dan teori penulisa n bahan ajar serta memberikan petunjuk bagi guru dan pengembang bahan ajar lainnya untuk membuat bahan ajar yang bermakna dan sesuai dengan pembelajar ESP.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ESP, bahan ajar, keterampilan abad 21, perguruan tinggi vokasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Jurusan Akuntansi > D3 Akuntansi
Jurusan Teknik Elektro > D3 Teknik Informatika
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 15 Jul 2020 08:27
Last Modified: 15 Jul 2020 08:27
URI: http://repository.poliban.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item View Item