PENGARUH BRAND IMAGE DAN RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH (STUDI PADA NASABAH PRODUK KREDIT CEPAT AMAN (KCA) PT PEGADAIAN (PERSERO) UPC KURIPAN BANJARMASIN)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel brand image (X1) dan relationship marketing (X2) secara simultan, parsial, dan dominan terhadap keputusan nasabah dalam memilih produk kredit cepat aman (KCA) pada PT Pegadaian (Persero) UPC Kuripan Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 2.435 orang. Pengambilan sampel menggunakan slovin sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data regresi linier berganda menggunakan software SPSS for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) variabel Brand Image dan Relationship Marketing berpengaruh secara simultan terhadap keputusan nasabah memilih Kredit Cepat Aman (KCA) pada PT Pegadaian (Persero) UPC Kuripan Banjarmasin dengan nilai Fhitung = 3,788 dan nilai signifikan 0,026, (2) variabel Brand Image tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan nasabah memilih Kredit Cepat Aman (KCA) Pegadaian dengan nilai (thitung < ttabel = -0,109 < 1,660). Sedangkan variabel Relationship Marketing berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah memilih Kredit Cepat Aman (KCA) Pegadaian dengan nilai (thitung > ttabel = 2,418 > 1,660), dan (3) di antara variabel Brand Image dan Relationship Marketing yang berpengaruh paling dominan adalah variabel Relationship Marketing dengan nilai (thitung = 2,418).
Kata Kunci: Brand Image, Relationship Marketing, Keputusan Pembelian, Regresi Linier Berganda.