PENERAPAN MODEL E-COMMERCE GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA KECIL DAN MENENGAH PRODUK SASIRANGAN KOTA BANJARMASIN

Rozaq, Abdul and Hardinto, Raden Kelik and Idaham, Ramadani (2016) PENERAPAN MODEL E-COMMERCE GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA KECIL DAN MENENGAH PRODUK SASIRANGAN KOTA BANJARMASIN. Jurnal POSITIF, 1 (2). pp. 1-7. ISSN 2460-9552

[img] Text
02 213-Article Text-1092-1-10-20180412 sinta 4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (602kB)
Official URL: https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Positif/ar...

Abstract

Keunggulan bersaing dalam pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) sangat dipengaruhi oleh bagaimana cara mengenalkan produk yang dihasilkan, baik di wilayah sekitar atau regional maupun di wilayah yang jangkauannya lebih luas seperti nasional dan international. Metode dalam memperkenalkan produk-produk yang dihasilkan oleh para pengusaha diantaranya memasang iklan baik di media masa maupun di media elektronik. Akan tetapi metode tersebut dirasa kurang efisien dikarenakan memerlukan biaya yang cukup besar, sedangkan para pengusaha kecil dan menengah akan berpikir ulang jika diawal usahanya mereka harus mengeluarkan banyak biaya hanya untuk memperkenalkan produk yang mereka hasilkan. Di Kalimantan Selatan khususnya di kota Banjarmasin, sudah banyak berkembang UKM yang bergerak dibidang produksi batik khas Sasirangan. Dimana mereka akan cukup terbebani jika dalam memperkenalkan produk yang dihasilkan harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Oleh karenanya perlu diberikan satu solusi yang dapat membantu para pengusaha untuk dapat memperkenalkan produk yang dihasilkan yang sifatnya hanya perlu biaya yang tidak terlalu besar, jangkauan informasi yang disampaikan cukup luas, dan ditambah lagi dapat mengikuti trend yang sedang up to date, serta dapat meningkatkan daya saing produk sasirangan tersebut baik regional, nasional, maupun internasional. Salah satu bentuk atau cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model E-Commerce, yaitu pemasaran yang dilakukan secara Online. Mulai dari memperkenalkan produk, pemesanan produk, pembayaran tagihan, sampai pengiriman produk ke tujuan. Dalam pengembangan sistem ini akan menerapkan metodologi Software Development Life Cycle, yang kegiatannya terdiri dari analisis, desain, dan implementasi. Yang bertujuan supaya model Ecommerce yang diterapkan ini benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Adapun teknologi yang digunakan adalah menggunakan pemrogramman web dengan database, sehingga semua kegiatan proses pemasaran online ini tetap bisa terorganisir dengan baik yang tentunya hanya memerlukan sedikit biaya, dan tidak kalah pentingnya dapat meningkatkan daya saing produk sasirangan yang dihasilkan oleh para pengusaha UKM yang ada di kota Banjarmasin.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: entrepreneurship, E-Commerce, Sasirangan
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Information systems. Management information systems
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > D3 Manajemen Informasi
Depositing User: Abdul Rozaq
Date Deposited: 22 May 2021 07:23
Last Modified: 22 May 2021 07:23
URI: http://repository.poliban.ac.id/id/eprint/723

Actions (login required)

View Item View Item