PENGUKURAN PENGARUH KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN BERBASIS EDUQUAL TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN

Hardinto, Raden Kelik and Rozaq, Abdul and Yunida, Riswan and Padli, Padli (2017) PENGUKURAN PENGARUH KUALITAS LAYANAN PENDIDIKAN BERBASIS EDUQUAL TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN. Jurnal POSITIF, 3 (1). pp. 25-34. ISSN 2460-9552

[img] Text
03 365-Article Text-815-2-10-20170708.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (454kB)
Official URL: https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Positif/ar...

Abstract

Perguruan tingi yang merupakan lembaga yang menjalankan salah satu usaha jasa di bidang pendidikan harus memberikan kualitas pelayanan kepada pelanggan dengan baik. Pelayanan akademik yang tepat waktu, akurat dan relevan, merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan dalam mendukung kelancaran pelaksanaan aktifitas suatu institusi pendidikan. Layanan yang berkualitas, secara fungsinya, berkurangnya waktu penyampaian layanan merupakan salah satu faktor pendukung untuk menciptakan loyalitas pelanggan, meningkatkan efektifitas dan efisiensi penggunaan sumber daya. Hal tersebut secara tidak langsung akan menjadi nilai tambah dan memberikan keuntungan kompetitif bagi institusi. Dalam hal ini Politeknik Negeri Banjarmasin (POLIBAN) sebagai intitusi pendidikan belum memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan dan belum adanya pengukuran terhadap pelayanan pada perguruan tinggi yang menginterprestasikan kepuasan layanan yang diberikan kepada pelanggan, yaitu mahasiswa, sehingga apa yang dianggap kurang dalam pelayanan dapat ditingkatkan kualitasnya. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan analisis pengaruh kualitas layanan pendidikan berbasis EDUQUAL terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan. Dimana instrumen EDUQUAL yang digunakan untuk mengukur tingkat layanan di sektor pendidikan hasil adopsi dari instrumen SERVQUAL. Adapun dimensi EDUQUAL terdiri dari Learning Outcome, Responsiveness, Physical Facility, Personality Development, Academic, yang selanjutnya akan dilakukan menyebarkan alat ukur berupa kuesioner yang merefleksikan konsep model kepada mahasiswa POLIBAN. Kemudian dilakukan analisis data menggunakan Structur Equetion Modelling (SEM) melalui kriteria goodness of fit, yaitu 2-Chi-square, RMSEA, CMIN/DF, TLI (Tucker Lewis Index), CFI (Comparative Fit Index). Dan dari hasil analisis menunjukan bahwa dimensi Responsiveness, Physical Facility, Academic, Learning Outcome berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan Personality Development tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Selanjutnya hasil analisis untuk pengaruh kepuasan terhadap loyalitas pelanggan berpengaruh signifikan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: layanan, pendidikan, kualitas, eduqual, SEM
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Information systems. Management information systems
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > D3 Manajemen Informasi
Depositing User: Abdul Rozaq
Date Deposited: 22 May 2021 07:28
Last Modified: 22 May 2021 07:28
URI: http://repository.poliban.ac.id/id/eprint/724

Actions (login required)

View Item View Item