MODEL KAJIAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN

Rozaq, Abdul and Hardinto, Raden Kelik and Sholihin, Fuad (2021) MODEL KAJIAN IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN. Jurnal POSITIF, 7 (1). ISSN 2460-9552 (In Press)

[img] Text
rozaq_POSITIF 2020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (286kB)

Abstract

Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) POLIBAN merupakan sebuah Pusat yang memiliki tugas dan fungsi mefasilitasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen di lingkungan Politeknik Negeri Banjarmasin. Mulai tahun 2018 data penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pengelolaan dengan mengembangkan Sistem Informasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (SIPMA). Pengelolaan data tersebut dimulai dari menentukan skema yang akan diberikan pendanaan yang di dalamnya sudah dijelaskan mulai dari ruang lingkup penelitian, jadwal pengajuan proposal, review proposal sampai dengan pelaksanaan dan pelaporan. Sedangkan untuk melihat tingkat keberhasilan implementasi SIPMA, P3M Poliban belum melakukan evaluasi implementasi SIPMA tersebut. Berdasarkan permasalahan di atas, maka P3M Poliban membutuhkan sebuah kajian implementasi SIPMA, sehingga dapat diketahui tingkat keberhasilan dan kepuasan pengguna SIPMA. Penelitian ini menyebarkan alat ukur berupa kuesioner kepada pengguna SIPMA. Dimana dalam proses analisisnya digunakan kerangka kerja penerapan Partial Least Square (PLS) di dalam SEM yang merupakan sebuah model statistik yang memberikan perkiraan perhitungan dari kekuatan hubungan hipotesis di antara variabel dalam sebuah model teoritis. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Kualitas Sistem berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna dengan T-statistik sebesar 3,107 (> 1,96). Kualitas Informasi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna dengan T-statistik sebesar 2,215 (> 1,96). Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pengguna dengan T-statistik sebesar 2,909 (> 1,96). Kepuasan Pengguna berpengaruh signifikan terhadap Dampak Individual dengan T-statistik sebesar 15,652 (> 1,96). Dampak Individual berpengaruh signifikan terhadap Dampak Organisasi dengan T-statistik sebesar 10,410 (> 1,96).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem, Informasi, sipma, pls
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Information systems. Management information systems
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > D3 Manajemen Informasi
Depositing User: Abdul Rozaq
Date Deposited: 22 May 2021 07:46
Last Modified: 22 May 2021 07:46
URI: http://repository.poliban.ac.id/id/eprint/727

Actions (login required)

View Item View Item