SISTEM INFORMASI PELAYANAN KESEHATAN PADA PRAKTIK DOKTER DI APOTEK PERINTIS

Rozaq, Abdul and Fitri, Rahimi and Faslah, Ronny and Junaidi, Muhammad and Alawiyah, Tuti (2019) SISTEM INFORMASI PELAYANAN KESEHATAN PADA PRAKTIK DOKTER DI APOTEK PERINTIS. Polhasains: jurnal sains dan terapan Politeknik Hasnur, 3 (1). pp. 28-33. ISSN 2337-8492

[img] Text
01 polhasains-volume-3-28-33.pdf

Download (333kB)
Official URL: https://ejournal.polihasnur.ac.id/index.php/phssai...

Abstract

Perkembangan ilmu teknologi saat ini sudah mulai merebak di seluruh negara, tidak hanya di negara maju, perkembangan ilmu teknologi di negara-negara berkembangpun juga tidak kalah pesatnya. Peralatan yang canggih, cepat dan serba praktis itulah yang dibutuhkan oleh sebuah instansi maupun lembaga dan personal sebagai penggunanya saat ini. Pada praktik dokter di Apotek Perintis pelayanan yang dilakukan selama ini adalah pelayanan yang dilakukan secara manual baik dalam pemberian nomor antrian pada pasien, pembuatan kartu registrasi pasien dan pengarsipan data pasien. Sistem ini sudah dianggap tidak efektif dan efisien lagi. Mengingat pesatnya peningkatan jumlah pasien sehingga pelayanan yang dilakukan menjadi lambat dan memakan waktu yang lama. Untuk menguatkan penelitian, diperlukan landasan teori yang bersangkutan dengan judul penelitian seperti pengertian sistem informasi pelayanan kesehatan pada praktik dokter, penjelasan DBMS, dan penjelasan tentang aplikasi yang digunakan dalam membuat system informasi tersebut seperti Embarcadero Delphi 2010 dan MySQL 5.0. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode SDLC yang terdiri dari : Perencanaan Sistem, Analisis Sistem, Perancangan Sistem, Penerapan Sistem, dan Pemeliharaan Sistem. Untuk metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara, untuk desain sistem terbagi menjadi dua yaitu desain logis seperti Perancangan DFD, ERD, CDM dan PDM, dan desain sistem yang kedua yaitu desain fisik. Hasil dari penelitian yang dilakukan pada praktik dokter di Apotek Perintis adalah system informasi yang dibuat mampu menjawab permasalahan yang dihadapi oleh pihak yang bersangkutan, sehingga membuat pelayanan ke pasien menjadi lebih nyaman dan membuat pekerjaan yang ditangani oleh asisten dokter menjadi lebih mudah dan cepat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem Informasi, Pelayanan Kesehatan. Apotek Perintis
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Information systems. Management information systems
Divisions: Jurusan Administrasi Bisnis > D3 Manajemen Informasi
Depositing User: Abdul Rozaq
Date Deposited: 22 May 2021 07:47
Last Modified: 22 May 2021 07:47
URI: http://repository.poliban.ac.id/id/eprint/729

Actions (login required)

View Item View Item