Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter pada Pendidikan Tinggi Vokasi

Nikmah, Nailiya (2021) Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Karakter pada Pendidikan Tinggi Vokasi. In: Seminar Daring Internasional Riksa Bahasa XIV, 12 Desember 2020, Bandung, Indonesia.

[img] Text
1248 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2kB)
Official URL: http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/a...

Abstract

Sebagai penghela ilmu pengetahuan, maka mata kuliah Bahasa Indonesia dengan sendirinya memiliki posisi dan peran yang lengkap untuk membawa misi pendidikan karakter melalui proses belajar-mengajar (PBM). Dengan misi mulia tersebut, perlu dipertimbangkan dengan baik dan cermat, strategi pembelajaran yang seperti apa yang dapat diterapkan atau diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi, khususnya pendidikan tinggi vokasi. Berdasar hal tersebut, peneliti merumuskan masalah bagaimanakah strategi pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis karakter pada perguruan tinggi vokasi? Berdasar hal tersebut, tulisan ini menyimpulkan bahwa jika dikaitkan dengan 8 Kompetensi Lulusan yang harus dibangun oleh pendidikan vokasi, yaitu Communication Skills, Critical and Creative Thinking, Information/Digital Literacy, Inquiry/Reasoning Skills, Interpersonal Skills, Multicultural/Multilingual Literacy, Problem Solving, Technological Skills, pembelajaran berbasis karakter dapat bersinergi membangun delapan (8) kompetensi ini melalui beberapa langkah strategis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Bahasa Indonesia, Pendidikan Karakter, Pendidikan Vokasi, Strategi Pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Jurusan Akuntansi > D3 Akuntansi
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 03 Oct 2021 03:25
Last Modified: 03 Oct 2021 03:25
URI: http://repository.poliban.ac.id/id/eprint/847

Actions (login required)

View Item View Item