Strategi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin)

Nikmah, Nailiya (2020) Strategi Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin). Idealektik, 2 (2). pp. 45-51. ISSN 2655-8491

[img] Text
337 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (3kB)
Official URL: https://journal.umbjm.ac.id/index.php/idealektik/a...

Abstract

Setelah organisasi kesehatan dunia menetapkan Covid-19 sebagai pandemi global, beberapa negara mulai menerapkan berbagai kebijakan dan anjuran. Kebijakan-kebijakan dan anjuran-anjuran tersebut dilakukan dalam rangka memutus atau mengurangi penyebaran virus corona. Seiring dengan anjuran tersebut, hal yang disosialisasikan berikutnya adalah gerakan di rumah saja. Gerakan di rumah saja kemudian sejalan dengan istilah bekerja dari rumah serta belajar dari rumah. Beberapa instansi dan lembaga pendidikan melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi; mengatur ulang banyak hal termasuk kampus Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban). Beberapa surat edaran resmi yang dikeluarkan oleh institusi menyebutkan kebijakan pembelajaran selama masa pandemi adalah pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di Jurusan Akuntansi, Politeknik Negeri Banjarmasin. Penelitian ini merupakan sebuah studi kasus yang didesain menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran daring merupakan strategi yang paling sesuai dengan situasi pandemi yang bisa diterapkan di Jurusan Akuntansi Poilban dengan berbagai kelebihan maupun kekurangannya. Diperlukan kesungguhan dan kreativitas dosen dalam menerapkan strategi PBM daring, sepaket dengan media serta metode pembelajaran serta penyesuaian-penyesuaian terhadap perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi terhadap PBM daring yang diterapkan. Monitoring dan kebijakan-dari pihak manajemen juga sangat diperlukan untuk mendukung PBM daring yang diupayakan oleh dosen.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Jurusan Akuntansi > D3 Akuntansi
Depositing User: Repository Administrator
Date Deposited: 03 Oct 2021 03:37
Last Modified: 03 Oct 2021 03:37
URI: http://repository.poliban.ac.id/id/eprint/848

Actions (login required)

View Item View Item